Wabup Pohuwato Tegaskan, Musrenbang  Hasilkan Usulan Prioritas 2024

Wabup Pohuwato Tegaskan, Musrenbang Hasilkan Usulan Prioritas 2024

17 views
0

Vanda Waraga/editor

POHUWATO, deteksinews.id – Wakil Bupati Pohuwato Suharsih Igirisa tegaskan, dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pohuwato Tahun 2024 dioptimalkan dengan baik.

Dan salah satu tahapan yang harus di lalui adalah Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

Sebelum Musrenbang kecamatan dilakukan, terlebih dahulu di laksanakan Musrenbang tingkat desa/kelurahan, untuk menentukan usulan prioritas dari masing-masing desa/kelurahan.

Pemerintah daerah pun akan segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, berdasarkan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati yaitu “Sehat, Maju dan Sejahtera” dengan 9 agenda prioritas daerah.

Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa dalam sambutannya pada acara Musrenbang RKPD Tahun 2024 tingkat Kecamatan, di ruang pola Kantor Camat Popayato, Selasa (14/02/2023).

Wabup mengharapkan Camat, Kepala Desa, dan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Pohuwato, untuk segera membuat Rencana Kerja (Renja) usulan prioritas yang masuk.

Sebab minggu ketiga Maret 2023 tepatnya bulan depan, kata Wabup, RKPD itu akan diangkat dan di diskusikan pada Musrenbang tingkat Kabupaten Pohuwato.

Untuk itu ungkap Wabup, melalui forum ini, mari kita bersama-sama mencari solusi terhadap semua permasalahan yang dihadapi.

“Berilah masukan-masukan konstruktif bagi pembangunan di Kabupaten Pohuwato dengan memperhatikan kemampuan dan kewenangan yang kita miliki”, kata Wabup Suharsi Igirisa.

Menurut Wabup, dewasa ini kemampuan daerah untuk membiayai berbagai program pembangunan masih terbatas. Untuk itu, perlu kesadaran dan pemahaman semua pihak mengenai keterbatasan tersebut.

“Bahwa tidak semua program akan dapat didanai, tetapi haruslah disusun sesuai skala prioritas dari daftar panjang program-program yang ada, sehingga perlu juga dicarikan peluang pendanaan dari sumber lain, baik dari APBD Provinsi, APBN ataupun kerjasama swasta dalam rangka investasi”, ujar Wabup Suharsi Igirisa.

Pada kesempatan itu Wabup Suharsi Igirisa juga meminta kepada semua pihak untuk memperhatikan hal-hal dalam mencapai kesuksesan pembangunan. Antaranya, keakuratan data sebagai basis perencanaan haruslah diperkuat.

Sehingga, kata Wabup Suharsi, tidak akan terjadi salah perencanaan yang mengakibatkan tidak efektif dan efisiennya pembangunan.

“Saya berharap musrenbang tingkat kecamatan tahun 2023 ini dapat menghasilkan usulan prioritas kegiatan tahun 2024 yang mampu membawa Kabupaten Pohuwato ke arah yang lebih baik, sebagaimana yang kita harapkan bersama”, ujar Wabup Suharsi Igirisa. (Kris/pjs/D002)

Your email address will not be published. Required fields are marked *