Kukuhkan Mabisaka dan Saka Widya Budaya Bakti Pohuwato, Ini Pesan Nasir Giasi

Kukuhkan Mabisaka dan Saka Widya Budaya Bakti Pohuwato, Ini Pesan Nasir Giasi

38 views
0

Vanda Waraga PJS

POHUWATO, deteksinews.id – Pengurus Majelis Pembimbing Satuan Karya (Mabisaka) dan Pimpinan Satuan Karya Widya Budaya Bakti Tingkat Kwartir Cabang Pohuwato masa bakti 2023-2028, dilantik di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pohuwato, Sabtu (21/01/2023).

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Pohuwato Nasir Giasi yang juga merupakan sebagai Ketua DPRD Kabupaten Pohuwato, memimpin langsung pelantikan tersebut.

Datuan karya yang dilantik kali ini yakni Saka Widya Budaya Bakti dibawah binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pohuwato.

“Kami ucapkan selamat kepada Pak Ikbar. Saka ini adalah lex specialis (bersifat khusus),” kata Nasir.

Karena yang mengurus pramuka terang Nasir, bila dikategorikan 90 persen adalah orang-orang pendidikan, karena strukturnya tidak akan terputus, sampai kaki kalau sudah bicara basis.

“Maka itu ada di gugus depan. Kalau bicara gugus depan, itu tidak ada di puskesmas, tidak ada di KUA, tapi berada di sekolah masing-masing”, kata Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Pohuwato Nasir Giasi dalam sambutannya.

Sehingga itu, kata Nasir, satuan karya widya budaya bakti ini, tidak boleh kalah dengan satuan-satuan karya lainnya dan berakhir di pelantikan. Dirinya pun sebagai kwarcab akan menilai pergerakan masing-masing satuan karya.

Ia berharap dengan dilantiknya pengurus Saka Widya Budaya Bakti ini, ke depan lebih semangat lagi. Jangan ada satuan karya, kau yang memulai dan kau yang mengakhiri, di pelantikannya saja yang ramai tapi kegiatan-kegiatannya tidak berlanjut bahkan kepengurusannya pun bubar.

“Alhamdulillah, saya Bhayangkara. Ini sudah cukup aktif, kemudian satuan karya lainnya juga, termasuk saka bakti husada yang bergerak di bidang kesehatan, itu cukup aktif, jangan sampai Pak Ikbar kalah dengan saka bakti husada”, ujar Nasir.

Sementara itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Gorontalo diwakili Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Gorontalo Dr. Suleman Haridji, M.Pd, dalam amanatnya menyampaikan bahwa organisasi pramuka adalah organisasi yang mengakar kuat, baik struktur maupun kegiatannya.

Kegiatan pramuka mengajarkan hal-hal dan keterampilan khusus yang sangat bermanfaat dan dapat membentuk watak dan karakter sesuai visi dan cita-cita bangsa Indonesia.

Dari pelantikan ini diharapkan partisipasi aktif para pembina, pengurus dan seluruh anggota Saka Widya Budaya Bakti tingkat Kabupaten Pohuwato. Diharapkan juga kegiatan saka harus mengarah kepada pendidikan dan pembinaan mental, moral, fisik, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman.

“Pesan saya agar senantiasa menjalankan tri satya, dasa darma, aturan saka, serta memperkaya wawasan dan keterampilan para anggota saka”, pungkasnya.

Kris/PJS/D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *