Wabup Suharsi Igirisa Minta Dekranasda Pohuwato Bisa Bersinergi dengan OPD Terkait

Wabup Suharsi Igirisa Minta Dekranasda Pohuwato Bisa Bersinergi dengan OPD Terkait

29 views
0

Wabup Suharsi Igirisa Minta Dekranasda Pohuwato Bisa Bersinergi dengan OPD Terkait

POHUWATO – (deteksinews.id)-Wakil Bupati Pohuwato, Hj. Suharsi Igirisa, meminta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) di daerah itu bisa bersinergi dengan OPD terkait Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Wabup Siharsi menyampaikan hal tersebut saat pelantikan pengurus Dekranasda Kabupaten Pohuwato periode 2022-2024 di Rumah Jabatan Bupati Pohuwato, Selasa (13/09), Siang tadi.

“Kepada pengurus Dekranasda Kabupaten Pohuwato, saya minta untuk bisa bersinergi dengan OPD-OPD yang ada kaitannya dengan pengrajin ataupun UMKM. Kami sangat mengharapkan untuk kiranya bersinergi dalam meningkatkan produk-produk pengrajin dan UMKM yang ada di Kabupaten Pohuwato,” imbuh Suharsi.

Dalam sambutannya, Suharsi yang juga Dewan Pembina Dekranasda, menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus Dekranasda Pohuwato masa bhakti 2022-2024 di bawah kepemimpinan Selvi Mbuinga Monoarfa.

“Tentunya dalam kepengurusan Dekranasda yang baru ini, saya berharap agar segera melakukan pertemuan untuk bagaimana menyusun program-program kerja yang akan dilaksanakan. Yang terpenting bisa sama-sama bekerja dan bekerja-sama,” ujarnya.

Menurutnya, Dekranasda merupakan wadah pembinaan produk kerajinan daerah yang memiliki kemitraan kuat terhadap para pengrajin dan UMKM, sehingga dapat menyumbangkan kontribusi ekonomi yang signifikan.

“Tadi sebagaimana disampaikan Pak Kadis Perindagkop, kerajinan-kerajinan di Pohuwato ini cukup banyak. Mudah-mudahan dengan terbentuknya kepengurusan baru, dengan semangat baru, sehingga dapat meningkatkan, dan mengkoordinir para pengrajin dan UMKM yang ada. Dengan begitu, kedepannya bisa meningkat hasil dan juga pendapatannya,” harap Suharsi.

Pelantikan pengurus Dekranasda Kabupaten Pohuwato dilakukan oleh Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo, drg. Gamaria Purnamawati Monoarfa, Sp.KGA.

Tampak pula saat dilantik, Ketua Dekranasda Kabupaten Pohuwato, Selvi Mbuinga Monoarfa. Selain itu juga, turut hadir Asisten Ekbang Sekretariat Daerah Fikri Adam, Kadis Kumperidag Provinsi Gorontalo, Risjon A Sunge, Kadis Perindagkop UKM Ibrahim Kiraman, Kadisporapar Zulkifli Umar, Perwakilan OPD dan stake holder lainnya.

Suharsi pun berharap agar Dinas Kumperidag Provinsi Gorontalo, dapat sama-sama berupaya serta memikirkan para pengrajin dan UMKM yang ada, terutama juga dalam hal pemasarannya.

“Buat apa kita capek-capek memberikan support dan semangat kepada para pengrajin dan UMKM, namun kita hanya dibiarkan. Kami berharap apalagi Ketua Dekranasda Provinsi adalah Ibu Gubernur, tentunya ini adalah hal yang mudah ketika kita dapat mempromosikan produk-produk hasil dari para pengrajin dan juga hasil dari UMKM yang ada di Kabupaten Pohuwato,” tukas Wabup Suharsi.

Dengan terbentuknya Dekranasda, diharapkan agar kedepan, apa yang menjadi program Dekranasda bisa membackup juga apa yang menjadi visi-misi pemerintahan Saiful Mbuinga dan Siharsu Igirisa (SMS).

“Semoga dengan terbentuk dan dilantiknya pengurus Dekranasda Kabupaten Pohuwato, dapat mem-back up program pemerintahan SMS,” pungkas Suharsi.##

Laporan : Kris
Editor : Hans Pieter Mahieu (Bang TITO)

Your email address will not be published. Required fields are marked *