Bupati Pohuwato Perintahkan Sekda,  Pelihara Dan Awasi Bibit Pohon Tabebuya

Bupati Pohuwato Perintahkan Sekda, Pelihara Dan Awasi Bibit Pohon Tabebuya

38 views
0

Laporan Muzamil Hasan

Deteksinews.id, POHUWATO – Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga langsung memerintahkan kepada Sekretaris Daerah dan Kadis DLH untuk terus memperhatikan dan memelihara bibit pohon yang dicanangkan pada hari ini. Jum’at (8/7)

“Silahkan pak Sekda, buat surat edaran agar kegiatan ini tidak hanya dicanangkan.” Tegas Bupati

Tapi kata Bupati, jangan sampai kelanjutannya tidak ada, nanti secara teknis akan diatur oleh Dinas Lingkungan Hidup dan nantinya akan dibagi secara bergilir untuk opd opd.

Bupati Saipul menyampaikan, saat Kabupaten Pohuwato menjadi wilayah tujuan serta perhatian dari Daerah lain baik dari kunjungan Wisata ataupun kunjungan kedinasan.

Sehingga pemeliharaan lingkungan terang Bupati perlu dioptimalkan dan sangat perlu dilakukan hal hal yang inovatif.

“Alhamdulillah, saya sangat mendukung program ini,” Harapnya bangga.

Hal itu dimaksudkan urai Bupati, agar daerah kita juga lebih mendapat kunjungan dari Daerah lain.

“Insya Allah ini akan membawa kesejukan dan keberkahan bagi Daerah kita,” tandasnya.

Kontan perintah Bupati langsung ditanggapi positif Sekda Pohuwato Iskandar Datau.

Pihaknya kata Iskandar, akan mengoptimalkan perintah Bupati secara langsung dan maksimal

“Saya akan optimalkan perintah beliau dengan sejumlah langkah inovatif.” Tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dr. Sumitro Monoarfa mengungkapkan ada sekitar 10 ribu bibit pohon Tabebuya yang akan ditanam di area Blok Plan Marisa serta dibeberapa titik lokasi lainnya.

“Iya, ada sekitar 10 ribu bibit pohon. Hari ini baru pencanangan nya, nantinya penanaman akan terus kita lanjutkan,” ujar Sumitro.

Menanggapi apa yang diperintahkan Bupati terhadap pemeliharaan, Sumitro menyatakan siap untuk menindaklanjuti perintah tersebut dengan menjaga serta melakukan pemeliharaan terhadap tanaman dan bibit pohon yang ditanam.

“Sebagai dinas yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, kami siap untuk melaksanakan perintah pak Bupati, agar Daerah kita juga bisa dilirik sebagai Daerah yang sejuk dan indah,” ujarnya.

Apalagi kata Sumitro, tahun ini Kabupaten/kota masuk dalam penilaian Adipura, baik dari segi fisik lingkungan yang dilihat dari kebersihan, keteduhan dan kesejukan.

Sumitro berharap agar tetap melakukan koordinasi dengan OPD terkait serta instansi vertikal yang terlibat, karena untuk penilaian Adipura tahun ini berbeda dengan penilaian-penilaian tahun sebelumnya.

“Tentunya, ini menjadi tanggung jawab bersama, apalagi Kabupaten Pohuwato sudah masuk dalam tahapan pantau 1,yang nantinya akan berjenjang penilaiannya, sehingga koordinasi dan implementasi kerja perlu untuk diperhatikan,” pungkasnya.

Fit/PJS/D001

Your email address will not be published. Required fields are marked *