Banjir Rendam 3 Desa Di Dengilo Pohuwato

Banjir Rendam 3 Desa Di Dengilo Pohuwato

141 views
0

POHUWATO, (deteksinews.id) Luapan sungai akibat curah hujan tinggi,menyebabkan sejumlah wilayah di 3 Desa Di kecamatan Dengilo Kabupaten Pohuwato di terjang Banjir.

Hal tersebut sebagai akibat hujan mengguyur sejak pagi hingga sore hari, Kamis ( 15/7) menyebabkan lahan perkebunan dan sawah serta rumah warga roboh akibat rendaman dan terjangan banjir.

Ke 3 Desa yang dilanda banjir wilayahnya tersebut antara lain, Desa Hutamoputi, Karya baru, dan Desa karangetan Kecamatan Dengilo.

Menurut salah satu pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pohuwato, Iswan Gau, banjir yang menggenangi 3 Desa di Kecamatan Dengilo, diakibatkan luapan air sungai.

“Ini karena karena debit airnya begitu banyak dan tak mampu menampung air, serta sulit dibendung sehingga sungai meluap dan menggenangi 3 Desa,” kata Iswan, usai meninjau langsung di Lokasi banjir, Desa Huta Moputi.

Untuk ketinggian banjir tersebut kata Iswan, diperkirakan mencapai 1 meter setengah. Dan untuk kondisi terparah, terjadi di Desa Huta Moputi, dan Desa Karya Baru, Kecamatan Dengilo.

“Tahun lalu tidak begini. Namun tahun ini yang paling parah,” ungkap Iswan.

Sehingganya BPBD terang Iswan, begitu juga tim Tagana dibantu TNI/Polri, turun tangan untuk mengambil andil dalam hal ini.

Karena ada beberapa Rumah warga terang Iswan, juga yang roboh, sehingga pihaknya berupaya melakukan Evakuasi.

Untuk data sementara yang diterima awak media ini, di Desa Huta Moputi sebanyak 118 KK, dan Desa Karangetan sebanyak 27 KK, terdampak Banjir tersebut. (D001)

Your email address will not be published. Required fields are marked *