Saipul Mbuinga resmi “Olongia Lolipu”Pasca Prosesi Adat Moloopu

Saipul Mbuinga resmi “Olongia Lolipu”Pasca Prosesi Adat Moloopu

43 views
0

POHUWATO, (DETEKSINEWS.ID) – Setelah dilantik oleh Gubernur Gorontalo menjadi Bupati Pohuwato, kembali Saipul A. Mbuinga mengikuti prosesi adat moloopu yang digelar Sabtu, (27/2/2021) di rumah jabatan bupati.

Adat moloopu diawali dari kediaman pribadi di desa Sipatana kecamatan Buntulia menuju rumah jabatan bupati di desa Palopo kecamatan Marisa.

Nampak Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga didampingi istri Selfi Monoarfa diiringi para pemangku adat sejak dari kediaman menuju rumah jabatan bupati.

Kepada sejumlah wartawan, Bupati Saipul A. Mbuinga menjelaskan, dengan selesainya prosesi adat moloopu ini maka secara resmi sudah diterima lo ulipu sebagai Olongia karena sudah diterima secara adat.

Setelah proses adat moloopu selesai dilaksanakan para pemangku adat negeri, maka dengan resmi sudah bisa melaksanakan tugas sebagai pemerintah di Kabupaten Pohuwato.

Olehnya kata Saipul, pihaknya hanya bisa memberikan ucapan terima kasih kepada pemangku adat, panitia penyelenggara beserta OPD terkait yang telah membantu melaksanakan kegiatan ini, sejak dari awal hingga akhir dan semuanya berjalan lancar dan sukses.

“Ya, prosesi ini adalah lanjutan dari kegiatan pelantikan, karena secara adat Gorontalo seorang pemimpin atau tauwa lo ulipu wajib hukumnya mengikuti prosesi adat Moloopu”, Ungkap Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga.

Ditambahkannya, proses adat ini sebagai tanda bahwa dirinya dan ibu Wabup akan segera melaksanakan pelayanan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Kabupaten Pohuwato.(Det/Dzulkifli).

Your email address will not be published. Required fields are marked *