Wakil Ketua DPRD Bombol, Azan Piola, SH. : Pemekaran Bone Pesisir Harus Segera Terealisasi

Wakil Ketua DPRD Bombol, Azan Piola, SH. : Pemekaran Bone Pesisir Harus Segera Terealisasi

49 views
0

BONBOL (DETEKSINEWS.ID) – Wakil ketua DPRD Kabupaten Bone Bolango, Azan Piola, SH, memastikan, pemekaran Bone Pesisir, secepatnya terealisasi.

Aleg Dekab dari Fraksi PPP ini mengatakan, Pemerintah Pusat masih memberlakukan moratorium, membatasi atau belum memberi ruang kepada daerah- daerah baru untuk dimekarkan.

“Akan tetapi pembentukan DOB Bone Pesisir perlu kita dorong atau kita dukung untuk persiapan-persiapan dasar terutama kepanitiaannya,” tegas Azan.

Karena persyaratan sebuah Daerah Otonomi Baru (DOB) ini, menurut Azan, ,sangat banyak dan membutuhkan data yang lengkap, terutama luas wilayah, jumlah penduduk, kemudian potensi-potensi kesiapan insfratruktur sebuah kawasan pemerintahan dan persiapan ibu kotanya.

Azan menjelaskan, persiapan dasar yang tentunya harus dilakukan oleh panitia pemekaran. kita dari DPRD tentunya memberi respon dan segera memberi rekomendasi terhadap pemekaran Bone Pesisir,. Karena ini merupakan bagian dari aspirasi Daerah Pemilihan Bone Pesisir.

“Tentunya untuk menunggu kesiapan pemerintah pusat membuka kembali moratorium, sehingga sebelum dibuka, panitia pemekaran ini suda menyiapkan seluruh persyaratannya,” ungkap Ketua DPC PPP Kabupaten Bone Bolango ini..

Sementara itu, Anggota DPD RI Dapil Provinsi Gorontalo, Abdurrahman Abubakar Bahmid, Lc, menyatakan kesiapannya membantu pembentukan Kabupaten Bone Pesisir.

Hal ini disampaikannya usai kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, beberapa waktu lalu

“Saat ini, untuk Daerah Otonomi Baru (DOB ) masih dalam moratorium. Tapi, sudah ada tanda-tanda akan diizinkan. DOB ini sampai sekarang masih moratorium, jadi, kapan akan dibuka saya belum tau, tapi sudah ada tanda-tanda akan diizinkan, karena yang masih diizinkan DOB ini cuman daerah Papua,” ungkap Bachmid.

Abdurrahman menjelaskan,, untuk Kabupaten Bone Pesisir, pihaknya sampai saat ini belum menerima secara resmi dari Komite Pembentukan Kabupaten Bone Pesisir. Tetapi dirinya siap membantu agar Kabupaten tersebut dapat secepatnya dimekarkan.

“Saya seoendapat dengan kawan-kawan di daera, agar pemekaran Bone Pesisir secepatnya dapat direalisasikan,” pungkas Ustadz Bachmid. (Pmkrn)

Your email address will not be published. Required fields are marked *