LAI SAYANGKAN KETERLIBATAN OKNUM KADES DALAM PENGRUSAKAN LINGKUNGAN DI BALAYO

LAI SAYANGKAN KETERLIBATAN OKNUM KADES DALAM PENGRUSAKAN LINGKUNGAN DI BALAYO

192 views
0

Muzamil Hasan/Vanda Waraga

GORONTALO POHUWATO, deteksinews.id – Lembaga Aliansi Indonesia (LAI) sayangkan pengrusakan lingkungan di Desa Balayo Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato, yang disinyalir melibatkan oknum kades.

Hal ini di tegaskan personil LAI di Gorontalo Harson Ali, Sabtu siang (06/01/23) ketika di konfirmasi awak media ini setelah dirinya berbincang dengan masyarakat penambang tradisional Desa Balayo.

Di katakan Harson, dugaan keterlibatan oknum kades Balayo terlihat dari aktifitas pertambangan menggunakan alat berat jenis escavator yang ada di wilayah tersebut.

“Menurut keterangan warga, bahwa aktivitas saat ini diketahui oleh kepala desa.” Ungkap Harson.

Sehingga dirinya menyayangkan bila benar adanya keterkaitan oknum kades dalam pengrusakan lingkungan diwilayahnya.

Harusnya kata Harson, oknum kades Balayo mengikuti jejak dan langkah kades Puncak Jaya dan Makarti Jaya kecamatan Taluditi.

Yang kata Harson, sempat mengusir alat berat dan melakukan pemalangan akses jalan alat berat menuju lokasi pertambangan.

Begitu juga langkah yang dilakukan kades Karya Baru Kecamatan Dengilo, yang memberikan surat teguran kepada para pelaku usaha pertambangan yang masuk dan merusak lingkungan di wilayahnya.

Kades Balayo, ketika dikonfirmasi , Sabtu siang (06/01/23) terkait adanya dugaan keterlibatannya dalam pengrusakan lingkungan tidak bisa ditemui.

“Bapak lagi tidur, jadi kalau tidur saya takut membangunkan beliau.” Terang Bunda Balayo saat menerima crew deteksinews.id di kediamannya di Desa Balayo.

D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *