Bupat Saipul Langsung Lobi ke Pusat, Kemendagri Pastikan Pembangunan Kantor Bupati Tahun 2024

Bupat Saipul Langsung Lobi ke Pusat, Kemendagri Pastikan Pembangunan Kantor Bupati Tahun 2024

8 views
0

Laporan : Vanda Waraga

Editor : Hans Pieter Mahieu [Bang Tito]

POHUWATO, deteksinews.id – Pembangunan kembali kantor Bupati Pohuwato yang terbakar akibat kerusuhan pada 21 September 2023 lalu, dipastikan akan dikakukan pada tahun anggaran 2024.

Hal tersebut terungkap saat Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga didampingi Sekretaris Daerah, Iskandar Datau diterina oleh Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga, Togap Simanungsong, di kantor Kementrian Dalam Negeri [Kemendagri], Selasa, [03/10/2023], Kemarin.

Saipul berharap pemerintah pusat bisa menganggarkan pembangunan kantor bupati.

“Besar harapan pemerintah daerah dan masyarakat Pohuwato agar kantor bupati bisa terbangun kembali mengingat saat ini layanan terpusat masih menggunakan kantor bersama,” terangnya.

Bupati Saipul juga sangat berterima kasih karena proposal usulan pembangunan Kantor Bupati Pohuwato diterima langsung oleh Staf Ahli Kemendagri Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga yang pasca kejadian telah berada di Pohuwato dan menyaksikan langsung seperti apa Kantor Bupati Pohuwato saat ini.

“Terima kasih atas perhatian dari pihak kemendagri yang sangat respon dan mengusahakan pembangunan kantor bupati lewat kementerian terkait berupa penganggaran lewat Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Kementerian Keuangan,” ungkap Saipul.

Sementara itu, Sekda Iskandar Datau menambahkan, lewat proposal tersebut Kemendagri akan memfasilitasi pembangunan kantor bupati dari dua sumber anggaran yakni di Badan Nasional Penanggulangan Bencana [BNPB] adalah rekonstruksi pasca bencana dan di Kementrian Keuangan. Anggaran itu untuk pembangunan kantor-kantor yang masuk kategori bencana.

“Kantor Bupati Pohuwato adalah bencana sosial, karena ada aksi massa yang rusuh sehingga terjadi pembakaran dan itu masuk kategori bencana sosial,” jelas Sekda Iskandar..

Dalam pertemuan itu, Staf Ahli Kemendagri menjelaskan, ada peluang untuk memperoleh anggaran untuk pembangunan kantor bupati lewat anggaran BNPB yaitu rekonstruksi pasca bencana dan dana BA 99 di Kemenkeu

“Usulan itu nantinya masuk pada anggaran 2024. Alhamdulillah, atas permintaan pihak kemendagri, Bupati Pohuwato langsung merespon untuk membuat proposal dan diserahkan langsung ke Staf Ahli Kemendagri yang insyaallah beliau (Staf Ahli) usahakan lewat kementerian terkait untuk pembangunan kembali Kantor Bupati Pohuwato,” tutup Sekda Iskandar Datau.

D002

Your email address will not be published. Required fields are marked *