Krisis Air Bersih, Warga Wanggarasi Barat Minta Pemda Turun Tangan.

Krisis Air Bersih, Warga Wanggarasi Barat Minta Pemda Turun Tangan.

161 views
0

MM/Vanda Waraga/Editor

POHUWATO, Deteksinews.id – Maraknya keluhan warga yang saat ini krisis air bersih di desa wanggarasi barat, kecamatan kemito meminta kepada pemerintah kabupaten pohuwato turun tangan dan melihat langsung kondisi air yang ada di desa tersebut.

” Kemarin saya ditelpon oleh masyarakat Wonggarasi Barat dimana mereka sangat krisis air bersih. Mereka yang tinggal di bagian pantai itu meminta untuk disampaikan ke Pak Bupati bahwa mereka sangat sulit untuk mendapatkan air bersih.”Ungkap Limonu, Selasa (07/03/2023).

Kelurahan masyarakat disana bahwa mereka sangat membutuhkan air bersih apalagi saat Bulan Suci Ramadhan ini.

“ Mereka sampaikan ke saya bahwa mereka sangat susah untuk mendapatkan pasokan air bersih, dimana mereka setiap hari mereka hanya bisa menimba air laut, dan apalagi kalau tidak ada uang maka mereka tidak bisa mendapatkan air bersih” jelas Limonu

Limonu Hippy pun menambahkan bahwa saat ini, untuk keperluan yang lain, masyarakat sering kali menampung air disaat air pasang dari laut.

“ Kalau ada air naik (Pasang), kami yang di pinggir pantai ini sering dan bahkan menjadi rutinitas kami untuk menampung air laut atau lalabu untuk digunakan mandi, dan di WC. Memang ada bantuan dari Pemerintah Desa, namun setiap kali bantuan air bersih turun, masyarakat sering berkelahi karena air tidak cukup. Sementara banyak kebutuhan yang harus menggunakan air bersih. Itu yang disampaikan oleh ibu Ram salah satu ibu rumah tangga di Wonggarasi barat yang sangat merasakan krisis air tersebut. ” Terang Limonu

Keluhan masyarakat di Wanggarasi barat tersebut sudah mereka sampaiakan kepada pihak PDAM namun belum ada titik terang. Sehingga dirinya meminta Bupati Pohuwato agar dapat mencarikan solusi atas krisis air bersih yang sekarang dialami oleh masyarakatnya.

“ Kami sudah konfirmasi dengan PDAM, katanya air belum normal karena PDAM masih sementara penyambungan pipa. kalau Pak Bupati kurang yakin, mungkin Pak Bupati bisa mengkroscek langsung dilapangan. Bahkan kalau boleh Pak Bupati, selama Bulan Ramadhan ini bisa tinggal tinggal bersama kami di Wanggarasi Barat atau biar cuma satu minggu saja dan tolong dirasakan oleh Bupati sendiri apa yang dialami oleh masyarakat yang sangat krisis air bersih disini. “Tutur ibu Ram Via telpon selulernya.

Terakhir kata Limonu, dirinya berharap Bupati Pohuwato dapat mencarikan solusi atas krisis air bersih yang dialami oleh warga masyarakat yang ada di Bumi Panua.

Saya berharap Bapak Bupati dapat merespon dan mencarikan solusi apa yang menjadi keluhan dan jeritan masyarakat tersebut dan kiranya ”Bukan hanya masyarakat yang ada di Wonggarasi Barat saja, tetapi di wilayah-wilayah yang krisis akan air bersih lainnya. Minimal dapat menyuplai air bersih menggunakan mobil tanki ke warga yang membutuhkannya selama jaringan pipa air belum ada.” Tutup Limonu.

(D002)

Your email address will not be published. Required fields are marked *